Kamis, 28 Maret 2013

MENULIS KARANGAN DESKRIPSI, TUJUAN PARAGRAF DESKRIPSI



Wiyanto (2004: 64-65, dalam Andriani 2009: 35) mengungkapkan tujuan paragraf deskripsi adalah paragraf yang bertujuan memberikan kesan/impersi kepada pembaca terhadap objek, gagasan tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan deskripsi yang baik pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis.
         Tujuan paragraf deskripsi yang baik harus didasarkan pada pengamatan yang cermat dan penyusunan yang tepat. Tujuan dari paragraf deskripsi adalah membentuk, melalui ungkapan bahasa, imajinasi pembaca agar dapat membayangkan suasana, orang, peristiwa, dan agar mereka dapat memahami suatu sensasi atau emosi (Wagiran dan Doyin 2005: 9).
           Tujuan paragraf deskripsi yang bersifat deskriptif bertujuan memberi gambaran atau penjelasan atas suatu hal. Dengan demikian, tulisan deskriptif yang tampil semakin mendetail normalnya menjadi semakin bagus (Charlie 2006: 26).
           Menurut Kuswilono (2008: 68) tujuan paragraf deskripsi bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan.
       Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan menulis paragraf deskripsi merupakan jenis paragraf yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu objek melalui pengamatan dari pancaindra ke dalam bentuk tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar